fbpx
Apa Pengaruh Hastag pada Konten Media Sosial?

Apa Pengaruh Hastag pada Konten Media Sosial?

Halo, Alan Lovers! Sering dianggap remeh, ternyata pengaruh hastag pada konten media sosial juga terbilang cukup besar. Apa saja kira-kira? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya!

Apa itu Hastag?

Secara singkat, hastag merupakan sebuah kata kunci yang digunakan di platform media sosial untuk mengkategorikan konten dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari topik atau minat tertentu.

Misalnya, Anda membuat konten terkait pengelolaan media sosial. Maka, Anda bisa menggunakan hastag #mediasosial atau #tipsngelolasosialmedia, agar audiens bisa lebih mudah menemukan konten yang relevan.

Mengutip beragam sumber, hastag terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Hastag trending – hastag ini memiliki volume pencarian yang sangat besar. Biasanya terkait momentum seperti #ThrowbackThursday
  • Hastag industri – hastag yang memiliki spesifikasi sebuah industri tertentu, misalnya #travel #website #food
  • Hastag brand – hastag yang mewakili nama brand, slogan bisnis, atau tempat bisnis seperti #alancreative #letsbuild

Baca Juga:

Bagaimana Pengaruh Hastag pada Konten Media Sosial?

Apa Pengaruh Hastag pada Konten Media Sosial?
Apa Pengaruh Hastag pada Konten Media Sosial? (Sumber: Freepik)

Setelah Anda mengetahui apa itu hastag, berikut adalah pengaruh yang ditimbulkan pada konten media sosial Anda:

1. Meningkatkan Visibilitas

Pengaruh pertama, hastag membuat konten Anda ditemukan oleh lebih banyak orang, terutama oleh mereka yang mencari konten dengan topik atau minat tertenu. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan peluang agar konten Anda mudah untuk dicari dan ditemukan.

2. Menghubungkan Target Audiens

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan hastag untuk menghubungkan konten Anda dengan target audiens. Dengan begitu, Anda bisa mencapai audiens yang lebih relevan.

3. Meningkatkan Engagement

Pengguna media sosial seringkali mencari dan mengikuti hastag yang menarik bagi mereka. Dengan menggunakan hastag yang relevan, Anda dapat menarik perhatian orang-orang yang berminat dengan topik yang Anda bahas.

Dengan begitu, hal tersebut memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan konten Anda seperti like, comment, share, dan save.

4. Meningkatkan Branding

Penggunaan hastag khusus seperti hastag brand dapat membantu dalam membangun branding perusahaan milik Anda. Sebagai contoh, Alan Creative menggunakan hastag #letsbuild sebagai upaya menawarkan para pengusaha untuk segera build bisnis mereka dengan beragam layanan teknologi digital.

5. Mengukur Kinerja

Terakhir, hastag juga dapat digunakan untuk melacak kinerja kampanye media sosial Anda. Adapun, Anda bisa menganalisis seberapa sering hastag Anda digunakan dan seberapa banyak interaksi yang dihasilkan dari penggunaan hastag tersebut.

Baca Juga:

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat terkait pengaruh hastag pada konten media sosial. Jangan terlalu banyak menggunakan hastag dalam satu postingan. Karena, bisa saja Anda terdeteksi sebagai spammer dan dapat mengakibatkan media sosial Anda terkena shadowban.

Gamau ribet ngurus konten untuk media sosial? Tenang! Alan Creative menyediakan jasa pengelolaan media sosial terlengkap satu-satunya di Indonesia.

Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative hadir dengan layanan pengelolaan media sosial mulai dari pembuatan konten, strategi campaign, marketing, hingga manajemen secara profesional.

Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Kunci Penting dari Sebuah Software House

Halo, Alan Lovers! Dengan perkembangan pasar IT yang sangat tinggi, perusahaan perangkat lunak atau software house harus melakukan banyak inovasi. Hal tersebut ditujukan untuk membangun

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative