fbpx
image

TikTok Ads atau Instagram Ads: Platform Mana yang Memberikan Hasil Terbaik? 

Halo, Alan Lovers! Perkembangan digital yang semakin cepat membuat kita harus semakin pintar dalam mengatur strategi pemasaran yang efektif agar dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Dari banyaknya sosial media yang tersedia, TikTok dan Instagram lah yang menjadi dua platform terpopuler dan banyak digunakan untuk kegiatan pemasaran. 

TikTok yang berada di peringkat keempat dan Instagram di posisi kedua sebagai platform dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia merupakan peluang besar yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi para pemilik bisnis. Kedua platform media sosial ini juga diketahui menghadirkan Ads yang dapat membantumu agar lebih dikenal secara luas. Namun antara TikTok Ads dan Instagram Ads, manakah yang memberikan hasil terbaik?

Konten TikTok Ads vs Instagram Ads

Ilustrasi gambar

Meskipun sama-sama menjadi platform media sosial, Instagram dan TikTok sendiri ternyata memiliki karakteristik dan demografi pengguna yang berbeda. Hal ini mengakibatkan strategi konten yang berhasil di satu platform tersebut, belum tentu efektif di platform lainnya.

Instagram sendiri diketahui lebih berfokus pada gambar statis yang estetik dan menggunakan deskripsi yang panjang, sedangkan TikTok menggunakan video pendek yang kreatif dan menghibur. TikTok sendiri diketahui banyak digunakan oleh generasi Z yang mana iklan yang dimuat dalam platform tersebut memiliki konten yang menarik perhatian dalam waktu yang singkat.

Maka dari itu, dengan memahami perbedaan ini sangat penting bagi bisnis untuk dapat menciptakan strategi konten yang sesuai dengan karakteristik platform masing-masing.

Perbedaan Membuat Konten di TikTok Ads dan Instagram Ads

Konten Menarik di TikTok Ads

Ilustrasi gambar

Membuat konten menarik di TikTok sebenarnya susah-susah gampang, namun jika kamu peka terhadap trend yang sedang berjalan makan kemungkinan kontenmu akan berhasil masuk kedalam FYP. 

Tips membuat konten menarik : 

  1. Gunakan musik yang populer dan cocok dengan target audiens 
  2. Buat skenario sederhana yang mudah dipahami oleh audiens
  3. Tambahkan beberapa elemen kreatif seperti filter ataupun efek khusus yang membuat videomu semakin menarik. 

Konten Menarik di Instagram Ads

Ilustrasi gambar

Pada platform Instagram, ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan: 

  1. Gunakan gambar atau video yang memiliki resolusi tinggi, hal ini digunakan agar konten-mu menarik dan memiliki identitas tersendiri.
  2. Sampaikan informasi secara ringkas, kamu juga dapat menggunakan headline yang menarik.
  3. Gunakan fitur-fitur Instagram seperti polling di stories, Reels ataupun carousel.
  4. Tambahkan Call to Action pada setiap postingan-mu, hal ini berfungsi untuk mendorong minat dan tindakan pengguna
  5. Optimalkan untuk mobile, karena para pengguna Instagram kebanyakan mengakses melalui perangkat seluler. Oleh karena itu, pastikan konten yang kamu buat menarik di layar kecil dan mudah dipahami.

Kesimpulan

TikTok Ads dan Instagram Ads memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan target audiens dan karakteristik platform. TikTok Ads dapat menjangkau generasi muda dengan kontennya yang kreatif dan menarik, sedangkan Instagram ads lebih cocok untuk audiens milenial dan generasi Z yang memanfaatkan fitur Instagram Stories dll. Maka dari itu, pilihlah platform tergantung pada tujuan bisnis dan profil audiens-mu.

Buat kamu yang sedang mencari jasa digital Advertising dengan pengalaman terpercaya, Alan Creative adalah pilihan yang tepat! Kami telah bekerja sama dengan berbagai brand dan memberikan hasil yang optimal. Jadi tunggu apa lagi? Hubungi kami untuk  mendapatkan penawaran menarik!

Baca Juga: TikTok vs Instagram Reels: Mana yang Paling Efektif?

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Menilik Pemanfaatan Teknologi AI Google

Halo Alan Lovers, siapa sih yang tidak pernah menggunakan Google? Mesin pencari (search engine) ini merupakan yang paling populer digunakan oleh seluruh masyarakat global. Salah

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative